Kisah Sukses Seseorang Dari Blog



Halo, langsung ke cerita, awalnya saya adalah salah seorang blogger yang mendapatkan penghasilan/earning dari Google Adsense, ini adalah awal bagi saya memulai blogger pada saat SMA tapi pada waktu itu saya belum mengenal monetisasi atau “meng-uangkan” konten yang ada di blog saya, dan pada saat kuliah semester II, teman-teman saya juga mulai aktif membuat blog.

Singkat cerita, saat itu kami menemukan artikel dimana konten tersebut membahas Adsense, yang dimana mendapatkan uang dari hasil ngeblog. Jadilah pada waktu itu tahun 2013 kami teman-teman kuliah beramai-ramai mendaftarkan diri menjadi Publisher Adsense melalui kanal Youtube, sehingga akun adsense yang saya dapatkan golongan tipe hosted account.

Pada bulan November 2013, Saya dikabarkan oleh google bahwa saya lolos menjadi Publisher Adsense. Memang Awalnya sangat sulit mendapatkan pundi-pundi dollar dari blog, sampai saya dan teman-teman banting tulang untuk fokus membuat konten berkualitas. Hingga pada akhirnya pada bulan Maret 2014 kurun waktu kurang lebih setahun, saya berhasil mendapatkan uang pertama saya senilai $102.

Disini yang saya tekankan adalah konten, karena konten adalah raja, itu kuncinya dan tentunya yang kedua niche yang memang sedang ramai dicari, itu menjadi fokus saya dan teman-teman. Sangat senang rasanya bisa mendapatkan pendapatan pribadi dari hasil jerih payah sendiri dan apalagi waktu itu bareng dengan teman-teman kuliah mencari dollar.

Dari awal pendapatan saya kurang lebih $100an, seiring dengan berjalannya waktu, pendapatan saya kian naik menjadi rata-rata $300–$400 perbulannya. Ya, itu yang kami dapatkan hanya dari satu blog saja. Teman-teman kuliah saya lebih mantep lagi, mereka bisa mendapatkan sekitar $400-$500an karena niche yang mereka pakai sedang trending pada waktu itu.

Saya masih ingat ada kejadian yang tidak bisa saya lupakan, dimana waktu itu nilai per-klik atau CPC iklan google di indonesia mendadak naik menjadi tinggi sekali, kalau tidak salah itu menepati momen tepat dengan hadirnya salah satu e-commerce besar di Indonesia. Saat itu saya berhasil mendapatkan sekitar $650an, dan Gilanya lagi teman saya mendapatkan bisa mencapai $1200an.

Suatu hari, dimana saya sedang berada di kereta dalam perjalanan menuju malang untuk berlibur bersama teman-teman, sepanjang jalan kami bisa tertawa terbahak-bahak melihat kelucuan tingkah teman saya yang menjadi ‘gila’ karena setiap kali me-refresh ulang halaman dashboard adsense, pendapatannya selalu naik.

Kisah senang tidak selamanya berada didalam kehidupan, terus berputar bagai roda, pada bulan Desember 2016, saya menerima ‘surat cinta’ dari google melalui email yang memberitahukan bahwasannya akun adsense saya di banned. Saya sudah mencoba melakukan apel dan banding tetapi tetap saja ditolak. Nah, Sejak pada waktu itu saya menyatakan berhenti dari dunia blog dan adsense.
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak