Tips dan Panduan SEO Tahun 2020

Ada yang perlu anda ketahui

Semakin banyak para webmaster dan pengusaha digital mulai memahami apa yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan "goal" di pasar saat ini, persaingan pemasaran online terus meningkat secara signifikan. Jika Anda adalah salah satu yang menjalankan situs web hari ini, maka anda harus terus meningkatkan pemasaran dan kinerjanya agar tidak ketinggalan.

Nah apa artinya?

Ada dua aspek penting yang harus Anda lakukan ketika anda butuh memposisikan bisnis Anda dengan benar yakni pemasaran konten dan SEO.

Kedua aspek tersebut kompleks dan luas, namun keduanya itu mewakili cara yang paling memungkinkan untuk tetap unggul dalam permainan. Karena tren terus menerus berubah serta tidak bisa ditebak, untuk itu harus ada pendekatan yang paling utama seperti strategi bisnis disesuaikan dengan praktik pemasaran digital yang paling efektif.

Kali ini saya akan membagikan analisa SEO di tahun 2020, bukannya strategi SEO sama saja seperti tahun sebelumnya? saya memberikan hasil explore saya, karena algoritma search engine yang terus menerus berubah. Tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas praktik optimasi mesin pencari atau search engine yang paling relevan dengan begitu akan membantu Anda meningkatkan peringkat atau mempertahankan peringkat Anda untuk waktu yang lama.

Fitur Snippet Penting

Pentingnya Snippet ini jika ditampilkan, perlahan akan "mencuri" hasil pencarian organik Nomer 1. Banyak pemasar menganggap snippet "buat apa" sampai-sampai meremehkan, disatu sisi banyak juga pemasar sekarang telah mengalihkan fokus mereka dari peringkat reguler ke peringkat snippet.

Pada tahun 2020 ini, akan ada badai besar untuk merebutkan fitur snippet karena apa? mereka yang mencari suatu kata kunci atau informasi di Google lebih banyak memberikan perhatian di snippet dari pada hasil pencarian lainnya. Pada tahun 2019, diperkirakan 55% dari klik Google berasal dari snippet, bisa dibayangkan bukan? separuh dari klik nomer2 kebawah!! 

Saya tidak akan membahas ini lebih dalam seperti cara meng-aktifkannya, karena masih banyak yang harus saya ungkap informasi disini, dan fokuslah pada konten serta niche alami yang sesuai dengan niat audiens target Anda.

Influencer Marketing Semakin Berkembang

Kebanyakan orang lebih suka menerima saran influencer dari pada menonton iklan acak. Saat ini pengguna Internet mulai bosan dan kesal dengan adanya iklan-iklan yang mengganggu, sehingga waktu demi waktu audiens ini menjadi kebal terhadap bentuk iklan berbayar. Influencer Marketing adalah solusi terbaik saat ini, karena melayani dengan cara ramah dan tidak mengganggu dalam mempromosikan produk dan layanan.

Apa hubungannya influencer marketing dengan SEO? Nah, ketika anda menyewa kampanye influencer marketing, maka jangkauan konten Anda akan meroket dan reputasi merek Anda akan segera lebih terkenal. Point yang harus digaris bawahi yakni backlink, Anda akan menghasilkan backlink berkualitas dari kampanye influencer marketing dan ini sangat berharga!

HTTPS (Secure Website) Lebih Berarti

Saat ini keamanan website menjadi tren, pada tahun 2020, situs web yang ingin menjadi unggulan, harus memberikan pengalaman yang aman bagi audiensnya. Jika situs web Anda tidak aman, rasio kegagalan visit akan menjadi lebih tinggi, ini akan mempengaruhi peringkat pencarian Anda secara keseluruhan. Https lebih dari Http, terutama jika Anda berencana mengumpulkan informasi sensitif atau menempatkan cookie dari pihak ketiga!

Pengoptimalan Website Pada Ponsel Seluler

Jika situs web Anda tidak dioptimalkan untuk ponsel di tahun 2020 ini, Anda sungguh kehilangan permainan yang sesungguhnya. Sebagian besar pengguna internet menggali informasi menggunakan ponsel setiap hari. Mereka menggunakan ponsel untuk berkomunikasi, menghibur diri sendiri, tetap aktif di sosmed, dan lain sebagainya.

Nah, jika konten beserta fitur situs web Anda hanya dapat diakses melalui perangkat desktop, ini sangat buruk karena lalu lintas internet pada ponsel juga sangat kuat, apalagi sekarang ada mode AMP, dan ini memberikan feedback ke Google menjadi petunjuk bahwa Anda telah menawarkan pengalaman bagi pengguna yang buruk.

Berikanlah Konten Untuk Manusia Bukan Ranking

Konten adalah raja, karena anda menjual konten. tetapi konten seperti apa?

Ada banyak para content creator dan webmaster yang tidak memahami bahwa konten harus ditargetkan kepada audiens, bukan untuk dioptimalkan secara eksklusif pada mesin pencari atau uang.

Pada tahun 2020, yang dicari adalah konten alami, ini lebih penting dari pada apa pun, orang-orang sudah cerdas mereka membutuhkan informasi yang natural. Selain itu teknologi AI Google dapat membedakan antara konten yang dioptimalkan dan over-dioptimalkan.

Konten Rich Lebih Baik

Jika Anda ingin peringkat lebih tinggi, maka buatlah konten yang menarik, lebih baik dan lebih panjang. Lewatlah sudah ketika ada yang membuat artikel 500 kata dan berada peringkat page one Google.

Coba saat ini, jika Anda melakukan surfing di internet, beberapa hasil teratas adalah hasil pencarian yang menghasilkan banyak kata (keyword mahal). Neil Patel menyarankan bahwa sebuah konten harus memiliki lebih dari 2000 kata agar menjadi layak untuk halaman pertama Google.

Feedback Pengunjung Penting

Pada tahun 2020, pengalaman audiens situs web tidak hanya penting tetapi juga lebih penting. Audiens harus dapat dengan cepat menemukan konten/informasi yang mereka butuhkan atau produk yang mereka cari, tanpa terganggu oleh elemen yang tidak penting seperti popup, banyak iklan, atau halaman yang memuat dengan lambat. Ini berguna supaya mereka mengingat site anda yang bagus atau menarik sehingga mereka tidak segan kembali lagi ke site anda. 

Faktor Kecepatan Website

Banyak pengguna internet terbiasa dengan kenyamanan. Tidak seperti sekarang sepuluh tahun lalu menjelajah situs web untuk memuat 1 saja sudah sangat lambat, tapi semuanya terlihat berbeda hari ini. Saat ini, pengguna mengharapkan pengalaman online mereka menjadi lancar dan cepat karena kebutuhan.

Saya yakin kebanyakan orang tidak suka menunggu, jadi selamat tinggal website lelet, segeralah optimalisasi kecepatan website anda, sebelum site kompetitor anda sudah berada didepan. Algoritma Google saat ini sangat memperhatikan waktu, "Tingkat pentalan" lebih banyak karena website lelet.

Daftarkan Website Anda di Search Engine Lain

Meskipun Google saat ini adalah mesin pencari nomer 1 di dunia, akan tetapi pemain lainnya mulai muncul. DuckDuckGo adalah alternatif baru untuk mesin pencari bagi para peselancar internet. Tahun lalu 2019, DuckDuckGo memiliki 13.644.659.457 permintaan dari pencarian total, sebuah angka yang tidak sedikit.

Jangan lupa Yahoo dan Bing mereka belum tutup sampai sekarang, bahkan mereka adalah mesin pencari kedua dan ketiga di dunia, mereka terus berkembang setiap tahun, karena persaingan.

Akhir Kata

SEO adalah aspek yang selalu berubah dan tidak akan pernah tetap. Agar tetap unggul dalam permainan sektor ini, pemain yang mengandalkan Google, harus selalu siaga karena perubahan algoritma dan kebijakan terbaru.

Mengetahui perubahan tren terbaru tidaklah cukup. Cobalah menjadi pelopor, menguji tren baru yang anda ciptakan,  Uji, ukur, optimalkan, lalu skala!
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak